#Travelone

Yak.

Beberapa waktu lalu, gue menggunakan hashtag ini di twitter. Why? Because #Travelone means Travel Alone. Iya, gue abis jalan-jalan sendirian. Selama 4D3N gue jalan-jalan ke 3 kota 2 negara. Kuala Lumpur, Penang, dan Hatyai. Sekali lagi, sendirian.

Nekat? Iya ya kayaknya. Gila? Ngga juga sih. Kebanyakan duit? Yailah, tiap akhir bulan aja masih sering ngirit-ngirit pengeluaran even buat jajan di kantor. Lah terus kenapa juga mau jalan-jalan ke 3 kota itu sendirian? Banyak yang nanya dan gue juga bingung mau ngasih jawaban apa.

Gue beli tiket Mandala JKT-KL-JKT bulan April 2013 lalu. Iya, sebulan persiapan buat trip ini. Kemaren lagi ada promo 1 rupiah. Emang dasar ya manusia ngga bisa liat yang lagi murah sedikit, bawaannya pengen beli aja. Maka belilah gue tiket itu. Awalnya, seru juga kali ya pergi sendirian. Pengen tau segimananya gue bisa survive sendirian, dengan dana terbatas. Ya, untuk kali ini gue emang pengen bikin jadi budget traveling alias travel irit. Backpacker-an aja. Oh, gue dapet tiket PPnya Rp 476,001.-

Seminggu pertama, santai. Seminggu berikutnya mulai bertanya pada paman Google ada apaan aja di KL dan mulai bikin itinerary. Iya, jujur aja, gue ngga bisa ngelakuin trip yang let’s get lost begitu aja. Karna berdasarkan pengalaman, udah pake itinerary pun gue masih aja nyasar dan bingung sendiri apalagi kalo gue ngga bikin itinerary. Lagian gue masih ngga rela kalo duit yang udah gue siapin buat trip ini malah sia-sia. Gue ngga dapet apa-apa. Gue belom seikhlas itu buat ngelakuin trip yang begitu.

Seminggu kemudian, gue udah punya rencana buat 4 hari gue ini. Sehari gue akan jalan-jalan di KL. Sehari berikutnya di Penang. Sehari berikutnya di Hatyai. Dan hari terakhir udah ada di KL lagi dan bersiap kembali ke Jakarta. Tapi sayang, pas hari H itinerary cuma bisa selesai sampai di Penang. Yang Hatyai gue ngga punya itinerary apa-apaan. Cuma berbekal peta Hatyai yang udah gue print. Bismillah aja.

Kalo diitung budget selama 4 hari itu, kira-kira habisnya sebanyak ini:

Remarks

Currency

Budget

Tiket Mandala JKT – KL – JKT

IDR

476,001

Airport Tax Soetta

IDR

150,000

Transportation @ KL

Skybus LCCT – KL Sentral

RM

9

Aerobus KL Sentral – LCCT

RM

8

Train KL – Penang

RM

40

Bus Hatyai – KL

RM

50

LRT

RM

4,2

HotLink

RM

15

Food & Drink @ KL

RM

11,7

Transportation @ Penang

Ferry Butterworth – Jetty

RM

1,2

Van Penang – Hatyai

RM

35

Bus @ Penang

RM

14,8

Food & Drink @ Penang

RM

13,5

Mandi @ Penang 2x

RM

2

Lift @ Kek Lok Sie Penang

RM

8

Immigration to Hatyai

RM

1

Ojek Wathatyainai

Baht

60

Van Samila Beach

Baht

30

Tuk Tuk

Baht

40

Food & Drink @ Hatyai

Baht

180

IDR 626,001

IDR 626,001

RM 213,4

Kurs 3,230

IDR 689,282

Baht 310

Kurs 330

IDR 102,300

TOTAL

IDR 1,417,583

Notes:

Sengaja yang gue tulis hanyalah pengeluaran pokok aja. Untuk oleh-oleh ngga gue masukin daftar budget karna emang gue juga ngga beli oleh-oleh yang gimana-gimana. Maksudnya, itu tentative aja pengeluarannya dan masing-masing orang kan beda-beda ya mau beli oleh-oleh apa aja. Dan menurut gue, pengeluaran gue diatas kayaknya masih termasuk mahal ya buat budget traveler. Iya ngga sih?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s