TRAVELONE: Makan Apa di Malang?

Seperti yang sudah saudara-saudara sebangsa dan setanah air ketahui bersama, kemaren ini kan gue sempet melakukan travelone alias travel alone ke Malang. Ngga afdol dong kalo udah berpindah peradaban ke luar Jakarta tapi ngga pake ada acara makan-makan. Yaelah bro, jadian aja pake ada makan-makan masa putus ngga ada acara minum-minum masa travelling ngga pake kulineran. Nah berikut ini tempat-tempat makan yang berhasil gue icip-icip selama di Malang.

  • Rawon Tessy

Don’t judge a food by its resto name. Namanya sih boleh Rawon Tessy tapi rasanya ngga kayak makan batu akik kok. *Itu Tessy pelawak Heeeenn!*

Tempat makan ini ada di deket stasiun Malang Kota Baru. Keluar dari stasiun, jalan ke arah kiri. Di sepanjang jalan situ ada deretan tukang helm. Jalan kaki juga ngga sampe 5 menit. Ngga usah nyebrang-nyebrang kok karna warungnya ada di sebelah kiri.

Waktu itu gue pesen nasi rawon setengah porsi sama teh tawar panas. Harganya cuma 8ribu aja cuy. Berhubung ini kedua kalinya gue makan rawon dan gue ngga tau rawon kayak gimana yang enak, jadinya yang gue bisa bilang ini rawon masih bisa diterima sama lidah gue. Dagingnya empuk, kuah rawonnya pun terasa tapi sambelnya udah disatuin di piringnya. Kalo yang ngga suka pedes, mending bilang pas di awal mesen deh buat minta sambelnya dipisah.

Menu Rawon Tessy
Menu Rawon Tessy

DSC00854

Rawon Tessy
Rawon Tessy

  • Toko Oen

Jalan Basuki Rahmat No. 5. Letaknya ngga jauh dari Alun-Alun Kota Malang, persis di seberang gereja Kayu Tangan. Kalo kalian ada di sekitaran Alun-Alun Kota Malang tanya aja sama warga sekitar situ, pasti pada tau kok. Ya bukannya apa-apa ya, soalnya Toko Oen ini udah ada dari tahun 1930.

Oke, karna gue dateng ke Malang dengan budget terbatas maka ketika ngeliat harga di menunya, gue memutuskan untuk langsung mesen yang khas dari Toko Oen ini aja, yaitu Es Krim ‘Oen’ Spesial seharga 40rb rupiah. Rasanya boleh dipilih, ada coklat, vanilla, dan strawberry. Tapi buat gue yang special cuma yang vanilla aja, rasanya lebih pas di lidah gue. Astor sama wafernya biasa aja. Yaiyalah ya karna kan yang spesial itu es krimnya. Karna es krim di Toko Oen ini home made, udah dari jaman kapan tau. Buat muslim yang mau nyobain makan di Toko Oen ini, FYI aja, menu mereka ada B2nya.

Toko Oen
Toko Oen
Toko Oen
Toko Oen
Menu
Menu
Menu
Menu
Oen Special Ice Cream
Oen Special Ice Cream

  • Bakso Bakar Pak Man

Gue ngga tau apa ini bakso bakar paling enak yang ada di Malang atau bukan tapi berhubung diajaknya kesini jadi ya diterima aja ya. Letaknya ada di Jalan Diponegoro 19.

Harga bakso bakar per 10 biji itu 20ribu rupiah. Dan untuk bakso kuah biasa ataupun tahunya seharga 2ribu rupiah sebiji. Baik bakso bakar ataupun bakso kuahnya ada yang bakso halus dan ada juga yang bakso urat. Kalo yang bakso kuah sistemnya self-service, macam jadi pedagang bakso aja kitanya.Ya ngambil mi sendiri, seledri, bawang, bakso, sampe kuahnya. Tapi buat yang bakso bakarnya, maaf ya, harus babangnya yang bakar. Yang bakso bakar bisa dipilih mau pedes atau ngga.

Sebenernya bakso bakar tuh rasanya ya sama aja kayak bakso biasa tapi agak-agak kering karna bakaran aja. Dan disajiinnya ngga pake kuah tapi kecap aja. Nah di Bakso Bakar Pak Man ini gue ngga tau ya mereka resepnya apa tapi kuahnya tuh berasa banget harumnya. Hmm.

Bakso Bakar Pak Man
Bakso Bakar Pak Man

IMG_1931

Bakso Bakar
Bakso Bakar
Bakso Kuah
Bakso Kuah
IMG_1930
Self Service Bakso Kuah
  • Pecel Kawi

Jalan Kawi Atas No. 43B/46. Dejavu itu pas selangkah masuk ke dalem tempat makannya dan gue inget gue pernah makan di sini. Setahun lalu sebelum ke Sempu, gue diajak sarapan di Pecel Kawi ini dan waktu itu gue ngga tau nama tempat makannya apaan.

Gue pesen seporsi nasi pecel. Isi pecelnya ada kangkung, toge, kemangi, rempeyek, tempe beserta bumbu kacangnya. Harganya 8ribu rupiah. Nah, kalo mau ditambah lauk lain juga bisa tapi ya nambah juga bayarnya. Buat gue rasanya pecel kawi ini biasa aja, di mulut berasa kering aja. Apa karna gue pesen yang ngga pedes jadi makannya agak datar rasanya? Ntahlah.

Pecel Kawi
Pecel Kawi
Menu
Menu
Pecel Kawi
Pecel Kawi
Pecel Kawi
Pecel Kawi

 

  • Soto Ayam Lombok

Udah jauh-jauh ke Malang masa makannya ada yang berbau Lombok segala. Eits, jangan salah. Namanya boleh ada Lomboknya karna pertama kali buka, soto ini adanya di Jalan Lombok. Karna gue buta Malang, jadilah ya kan tuh gue bermodalkan banyak tanya dan juga peta. Udah pake salah belokan, aktifin direction maps, nanya ke abang becak di perempatan tapi masih aja salah. Jadi pas nanya abang becak dikasih tau sama dia, ini ada 2 tokonya, di depan situ sama di belakang (nunjuk jalan yang udah gue lewatin). Berhubung gue kan anaknya ngga mau gagal move on dong ya, jadilah minta ditunjukin aja yang di depan. Jadilah gue makan yang ada di jalan depan alias Jalan Raya Sulawesi. Ternyata pas gue selesai makan dan balik ke jalan yang tadi, gue udah ngelewatin toko yang di Jalan Lomboknya bahkan sebelum nanya ke abang becak. Ketutupan pohon bok itu papan sotonya!

Oke balik ke sotonya. Gue pesen soto ayam seporsi ngga pake nasi dan teh tawar panas, totalnya 18ribu rupiah. Gue cuma mau bilang, porsi sotonya banyak banget! Isinya ada suwiran ayam, toge, kol, kentang, dan koya. Ini yang bikin berasa tuh koyanya. Masih agak kasar dan agak pait di lidah gue. Tapi justru itu rasanya jadi tak terlupakan kayak kenangan indah kita. Makan ngga pake nasi aja udah bikin kenyang banget, kalo pake nasi bisa buat berdua kayaknya seporsi Soto Ayam Lombok ini.

DSC00992
Soto Ayam Lombok
DSC00986
Soto Ayam Lombok
DSC00990
Soto Ayam Lombok

Sebenernya masih ada beberapa tempat makan yang bisa dikunjungi lagi di Malang tapi karna waktu gue terbatas jadi cuma segitu yang bisa dicobain. Kalo kalian ke Malang, boleh dicoba kakak kulinernyaaaa.. Dan sampe ketemu di travelone gue selanjutnya.  Next destination? Nobody knows 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s